Tel: (021) 75791260   Email: servicedesk@bppt.go.id

Demi meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan terhadap Keamanan Informasi di lingkungan BPPT, CSIRT atau Computer Security Incident Response Team telah mengadakan acara yang bertajuk tema “CSIRT Forum 2017 Mewujudkan Keamanan Informasi dengan People | Process | Technology” pada tanggal 7 September 2017.

Acara ini dihadiri oleh para anggota CSIRT atau perwakilan unit kerja selaku Focal Point BPPT CSIRT dan juga perwakilan dari Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN) yang akan menerapkan CSIRT di lingkungan kerjanya. Acara dibuka oleh Kepala Pusat Manajemen Informasi, Irwan Rawal Husdi.

Pada acara ini juga dihadiri oleh para Narasumber yang pakar terhadap Keamanan Informasi. Adapun Narasumber pertama adalah Andri Fauzan selaku Kaspersky Lab Product Specialist dari PT Optima Solusindo Informatika. Lalu Narasumber kedua adalah Masim Sugianto atau panggilan akrabnya Vavai selaku Direktur Utama PT Excellent Infotama Kreasindo yang membawakan materi Email Security Awareness

Pada tahun 2016, Pusat Manajemen Informasi – Bidang Infrastruktur Informasi telah melakukan kerjasama dengan Kaspersky dalam mengamankan perangkat End Point. Adapun perangkat End Point yang dimaksud adalah perangkat PC Kantor yang digunakan sehari-hari serta beberapa Server unit kerja.

 

Kaspersky End Point Security menawarkan solusi keamanan yang menyeluruh dan membantu mengamankan data para pegawai yang bekerja sehari-hari. Kaspersky End Point Security juga dapat di monitor secara terpusat sehingga memudahkan Administrator untuk memantau kinerja Anti Virus yang telah terpasang di perangkat PC pegawai.

 

E-mail merupakan aspek penting dalam pekerjaan, karena di dalamnya terdapat berbagai macam informasi mengenai tugas dan info yang dikirim baik dari teman ataupun atasan pada suatu instansi pemerintahan. E-mail BPPT yang beralamat di https://mail.bppt.go.id merupakan komponen penting bagi para pegawai untuk bertukar informasi antara satu dengan yang lain. Adapun environment yang digunakan pada E-mail BPPT adalah Zimbra Mail Server. E-mail BPPT kerap digunakan untuk mendistribusikan pekerjaan dari atasan kepada para stafnya. Sehingga, E-mail BPPT membutuhkan perhatian lebih, khususnya dalam keamanan data atau informasi para pegawai.

 

Pada pemaparan Andri Fauzan yang akrab dipanggil Fauzan dari Kaspersky Lab Product Specialist PT Optima Solusindo Informatika menjelaskan mengenai pentingnya menjaga keamanan data pada perangkat End Point. Ransomware merupakan salah satu virus yang dapat mengancam data para pegawai di Lingkungan BPPT pada saat itu. Tetapi, dengan adanya Anti Virus yang sudah terpasang pada perangkat End Point, Fauzan memastikan ransomware sudah dapat teratasi dengan Anti Virus ini.

 

Pemaparan selanjutnya adalah dari Masim Sugianto atau yang memiliki panggilan akrab Vavai menjelaskan tentang kepedulian terhadap akun E-mail nya masing-masing. Reputasi lembaga juga akan meningkat apabila para pegawai Aware terhadap keamanan E-mail nya. Adapun yang dibahas secara khusus pada acara CSIRT Forum 2017 tersebut adalah mengenai Phising Email, Social Engineering Email, Etika Penerimaan Email, dan Quality Password. Pada forum diskusi juga dipraktikkan mengenai Phising Email dan cara mengenali Phising Email. Lalu ada juga pemaparan mengenai Quality Password yang pada umumnya para pegawai menggunakan password yang mudah ditebak oleh para Hacker sehingga E-mail dapat diambil alih dengan mudahnya untuk melakukan Phising Email ke pengguna yang lain.

 

 

Adapun sebelum acara ditutup, para Focal Point BPPT diberikan informasi mengenai Aplikasi Internal bidang Infrastruktur Informasi dalam memonitoring jaringan yang disampaikan Kepala Sub Bidang Pengembangan Infrastruktur Supriono Agung Wibowo dan Kepala Sub Bidang Optimasi Infrastruktur Ardhiyan Aulia.

 

 

Selain itu para Focal Point diberikan Games yang menarik dan mengasah kemampuannya seperti Bingo the Troubleshooter dan Wifi Finder. Pada Bingo the Troubleshooter para Focal Point harus menyelesaikan 25 kotak dengan berbagai macam pertanyaan mengenai perannya dalam membantu unit kerjanya menyelesaikan permasalahan teknologi komputer. Wifi Finder, para Focal Point diharuskan mencari perangkat Wifi yang telah disembunyikan menggunakan Tools yang tersedia di Play Store Android atau App Store IOS.

 

 

                                                        

 

Sumber : https://csirt.bppt.go.id/2017/09/08/bppt-csirt-forum-2017-people-process-technology/

Statistik Pengunjung

7.png2.png6.png3.png8.png
Today12
Yesterday36
This week48
This month1111
Total72638

Hubungi Kami

PUSAT MANAJEMEN INFORMASI
Kantor Serpong:
Gedung Teknologi 3 Lantai 2 Kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan 15314
Telp. (021) 75791260
Kantor  Jakarta:
Gedung BPPT II Lantai 4 Perpustakaan BPPT, Jl. MH. Thamrin No, 8 Jakarta 10340
Telp. (021) 3169091