• (021) 757 91262
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tingkatkan Indeks Jurnal LITBANG, BPPT Luncurkan Open Journal System

Rendahnya peringkat jurnal litbang (penelitian dan pengembangan) pemerintah di Indonesia dalam lembaga pengindeks bereputasi internasional, disikapi secara serius oleh BPPT. Menurut Sekretaris Utama BPPT, Soni Solistia Wirawan, jurnal ilmiah menjadi salah satu barometer atas hasil dari lembaga penelitian.

Berdasarkan indeks Scopus data per Mei 2016, dari 20 jurnal Indonesia yang terindeks, tidak ada satupun jurnal yang berasal dari lembaga litbang, semuanya berasal dari perguruan tinggi, universitas dan litbang swasta.

BPPT saat ini memiliki 15 jurnal ilmiah, namun sayangnya tidak semua aktif. Karenanya Kepala BPPT menginginkan agar semua jurnal diaktifkan kembali. Terlebih lagi dengan adanya Open Journal System (OJS) yang dikembangkan untuk jurnal ilmiah BPPT, diharapkan akan lebih menggiatkan para perekayasa untuk aktif melahirkan jurnal," terang Soni sesaat membuka acara launching dan Implementasi OJS di Gedung Teknologi 2 PUSPIPTEK, Kamis (20/10).

Dengan adanya Open Journal Systems BPPT, tambah Soni, semua tulisan yang termuat dalam system ini hasilnya akan memenuhi standar, karena yang mereview adalah reviewer dari luar BPPT, bahkan bisa dari luar negeri.

Menurut Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Peneliti LIPI, Dwi Eny Djoko Setyono yang turut hadir dalam acara, untuk bisa mengejar ketertinggalan dari perguruan tinggi atau litbang swasta, jurnal litbang pemerintha harus lebih berkualitas, accessible dan visible, karenanya jurnal litbang pemerintah harus beralih ke e-journal.

"Ada banyak kelebihan e-journal dibandingkan dengan journal tercetak. Diantaranya e-journal dapat dimanfaatkan 24 jam non stop, sedangkan yang tercetak terbatas jam buka. Demikian juga untuk mengakses, yang tercetak harus antri sedangkan e-journal bisa secara bersamaan," jelasnya.

Sebagai informasi, Scopus adalah sebuah pusat data terbesar di dunia yang mencakup puluhan juta literatur ilmiah yang terbit sejak puluhan tahun yang lalu sampai saat ini. Fungsi utama Scopus adalah membuat indeks literatur ilmiah untuk memberikan informasi yang akurat mengenai metadata masing-masing artikel ilmiah secara individual, termasuk di dalamnya adalah data publikasi, abstrak dan referensi. (Humas/HMP)


Kontak - Thamrin

Gedung B.J. Habibie Lantai 4
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9094
(021) 316 9094
servicedesk@bppt.go.id
pmi.bppt.go.id

Kontak - Serpong

Gedung Teknologi Informasi, Komunikasi dan Elektronika Lantai 2
Jl Raya Puspiptek - Kota Tangerang Selatan - Banten
(021) 757 91262
(021) 757 91281
servicedesk@bppt.go.id
pmi.bppt.go.id

Statistik Pengunjung

Today83
Yesterday81
This week266
This month1962
Total166478
© 2020 Pusat Manajemen Informasi - BPPT