• (021) 757 91262
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah

 

Dalam rangka meningkatan kemampuan dan motivasi para perekayasa di lingkungan BPPT dalam membuat karya tulis ilmiah maka Pusat Manajemen lnformasi menyelenggarakan Seminar Penulisan Karya Tulis llmiah bertempat di BPPT - Klaster Inovasi dan Bisnis Teknologi, PUSPIPTEK Serpong, Rabu (02/11/2016).

Setelah Peluncuran Portal KMS BPPT dan Seminar Manajemen Pengetahuan yang dilaksanakan pada tanggal 02/11/2016, maka acara dilanjutkan dengan Seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang materinya disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Sudarsono, MSc (Guru Besar IPB) dan knowledge sharing mengenai Scientific Writing dan Tips Pengajuan Artikel untuk dimuat di Jurnal Nasional dan lnternasional.

Saat ini BPPT memang sedang giat-giatnya mendorong para perekayasa BPPT untuk aktif menghasilkan karya tulis imiah. Untuk itu PMI BPPT juga telah mengembangkan jurnal elektronik berbasis Open Journal System (OJS) sebagai wadah untuk penerbitan karya tulis ilmiah. Salah satu hambatan yang dihadapi dalam penerbitan jurnal BPPT adalah sulitnya memperoleh artikel ilmiah yang berkualitas, dan kurang minatnya para perekayasa untuk memuat karya tulisnya di jurnal. Oleh karena itu pada kesempatan ini PMI BPPT juga menyelenggarakan Seminar Penulisan karya Tulis Ilmiah dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan para perekayasa dalam penulisan karya tulis ilmiah dan memberikan motivasi kepada para perekayasa untuk aktif menulis karya tulis ilmiah sehingga dapat meningkatkan mutu jurnal BPPT.

Pada acara tersebut Prof. Dr. Ir. Sudarsono, MSc memberikan materi mengenai 'Teknik Penulisan Karya Tulis llmiah' dengan cakupan bahasan: pentingnya jurnal bagi lembaga litbang, kaidah dan etika penulisan ilmiah, teknik penulisan karya ilmiah, kiat-kiat penulisan dan pengajuan artikel untuk dimuat di jurnal yang terakreditasi secara nasional dan internasional.

Sedangkan Ir. Yus Budiono, MEng memberikan materi mengenai Scientific Writing dalam sudut pandang penulis (day to day case) sebagai upaya untuk membangun motivasi diri untuk rajin menulis karya ilmiah dan kiat-kiat menuangkan ide/ gagasan menjadi tulisan ilmiah.

“Semoga dengan adanya seminar Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini, maka para perekayasa BPPT dapat lebih termotivasi untuk lebih ‘rajin’ menulis dan menghasilkan karya tulis ilmiah yang berkualitas serta aktif berpartisipasi menjadi penulis dalam jurnal BPPT’, demikian harapan yang diungkapkan Kepala PMI BPPT, Ir. Irwan Rawal Husdi, MEng. [PMI/LR]


Kontak - Thamrin

Gedung B.J. Habibie Lantai 4
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9094
(021) 316 9094
servicedesk@bppt.go.id
pmi.bppt.go.id

Kontak - Serpong

Gedung Teknologi Informasi, Komunikasi dan Elektronika Lantai 2
Jl Raya Puspiptek - Kota Tangerang Selatan - Banten
(021) 757 91262
(021) 757 91281
servicedesk@bppt.go.id
pmi.bppt.go.id

Statistik Pengunjung

Today137
Yesterday64
This week137
This month557
Total157567
© 2020 Pusat Manajemen Informasi - BPPT